WIKA siap garap infrastruktur ibu kota baru

Wijaya Karya siap membangun infrastruktur dasar di lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Emiten konstruksiĀ PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) siap ambil bagian dalam pembangunan berbagai infrastruktur di ibu kota baru. Alinea.id/Annisa Saumi

Emiten konstruksi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) siap ambil bagian dalam pembangunan berbagai infrastruktur di ibu kota baru.

Direktur Utama WIKA Tumiyana mengatakan kapasitas balance sheet WIKA saat ini cukup kuat untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. WIKA, kata Tumiyana, saat ini memiliki kemampuan belanja modal (capital expenditure/capex) mencapai Rp20 triliun dan akan meningkat setiap tahunnya. 

"Apa yang mau disiapkan duluan? Pasti pertama jalan, kedua jaringan listrik, ketiga jaringan gas. Lalu keempat jaringan minyak, dan kelima jaringan air akan diperlukan di ibu kota baru," kata Tumiyana pada paparan publik di Bursa Efek Indonesia, Rabu (28/8).

Tumiyana melanjutkan, WIKA akan memilih proyek dengan tingkat pengembalian yang cepat. Jika membangun ibu kota baru, kata Tumiyana, maka arah pembangunan berikutnya adalah pembangunan pembangkit tenaga listrik. 

Tuumiyana menjelaskan, WIKA selama ini telah membangun pembangkit tenaga listrik dengan kemampuan hingga 12.800 Mega Watt (MW) dari seluruh kapasitas pembangkit listrik yang ada di Indonesia sebesar 65.000 MW.