Bupati Semarang pecat ASN yang terbukti gunakan narkotika

Bupati Semarang Jawa Tengah, Ngesti Nugraha menyatakan tidak akan segan-segan memecat ASN yang terbukti menggunakan narkotika jenis apapun.

Ratusan pegawai Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang saat menjadi tes urine. Foto: jatengprov.go.id

Bupati Semarang Jawa Tengah, Ngesti Nugraha menyatakan tidak akan segan-segan memecat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti menggunakan narkotika jenis apapun. Menurutnya, ASN harus menjadi contoh yang baik untuk masyarakat dengan menjauhi barang haram tersebut.

“Jika ada ASN dan non-ASN yang terbukti menggunakan narkoba, akan kita eksekusi hari itu juga untuk diberhentikan,” tegas Ngesti Nugraha saat meninjau tes urine ratusan pegawai Satpol PP dan Damkar, Kamis (27/10).

Ngesti menambahkan, konsumsi narkotika dalam bentuk apapun adalah kejahatan. Selain merusak generasi masa depan bangsa, narkotika juga akan membuat ASN tidak optimal dalam melayani publik.

“Dalam rangka mewujudkan aparat hebat tanpa narkoba, para anggota Satpol PP dan Damkar diminta untuk menjauhi narkoba,” katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Semarang, Petrus Triyono menjelaskan, pihaknya terus berupaya mencegah secara dini penyalahgunaan narkoba di semua lapisan masyarakat termasuk ASN.