Kenalkan perilaku ramah lingkungan di sekolah, DLH Klaten gencarkan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup

Nantinya Pemerintah Kabupaten Klaten juga akan melakukan pembinaan Adhiwiyata.

Kegaitan sosialisasi GPBLHS. Sumber foto: dokumentasi Humas Pemkab Klaten

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Klaten mengenalkan perilaku peduli lingkungan hidup kepada anak melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Gerakan ini merupakan kerja sama DLH Klaten bersama PT Tirta Investama (PT TI) untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekolah.

“GPBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, berkala, berjenjang dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” tutur Kepala DLH Klaten, Srihadi.

Nantinya Pemerintah Kabupaten Klaten juga akan melakukan pembinaan Adhiwiyata. Pembinaan tersebut berupa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sejalan dengan pembangunan berkelanjutan.

“Tahap dalam pembinaan sekolah Adiwiyata lima level masing-masing Level 0 sekolah perlu mengetahui, Level 1 sekolah mengetahui dan tertarik, level 2 sekolah sudah melakukan GPBLHS, Level 3 sekolah sudah berhasil mendapatkan penghargaan dan Level 4 sekolah mampu mendorong dan membimbing sekolah lain untuk melaksanakan GPBLHS,” jelas Srihadi.

Menurut Srihadi, Kontribusi peningkatan kapasitas lingkungan hidup dari program GPBLHS diantaranya terujudnya pengurangan timbulan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon tanaman, konservasi dan penghematan air dan konservasi dan penghematan listrik.