Lindungi ibu dan anak, Pemkot Makassar luncurkan aplikasi BACCE

Aplikasi BACCE menyediakan layanan pelaporan, seperti KDRT serta kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pemkot Makassar meluncurkan aplikasi BACCE (Sumber: makassarkota.go.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meluncurkan aplikasi BACCE (Balla Amma Caradde) sebagai upaya melindungi ibu dan anak. Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Irma Awalia mengatakan, aplikasi BACCE menyediakan layanan pelaporan, seperti KDRT serta kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Irma menjelaskan, selain kekerasan, ibu juga bisa melaporkan anak berhadapan dengan hukum, anak dalam situasi darurat, dan anak mengalami perundungan. Aplikasi BACCE juga menyediakan melakukan konsultasi serta rekomendasi seputar pernikahan

“Layanan yang bisa diakses saat ini konsultasi dan curhat, rekomendasi pernikahan masih sementara proses. Para ibu juga bisa mengakses berbagai macam layanan pelaporan,” jelas Irma saat meluncurkan aplikasi BACCE pada Puncak Gebyar Hari Ibu 2022, Kamis (22/12).

Menurut Irma, aplikasi BACCE merupakan layanan konsultasi online yang bisa diakses kapan saja dengan mengunduhnya di playstore.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menyampaikan, aplikasi BACCE disiapkan menjadi sarana para ibu untuk mengadu dan mendapatkan edukasi terkait diri dan anak-anaknya.