Bertemu Presiden Jokowi, PM Korea Selatan puji pembukaan Asian Games 2018

Berbagai topik mewarnai pembicaraan Presiden Jokowi dan PM Lee Nak-yeon di Istana Merdeka, termasuk soal pembukaan Asian Games 2018.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan PM Korea Selatan Lee Nak-yeon di Istana Merdeka / Sekretariat Kabinet RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung, menerima kunjungan resmi PM Korea Selatan Lee Nak-yeon, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/8) siang.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berharap penyelenggaraan Asian Games XVIII yang menyatukan kontingen Korea Selatan dan Korea Utara dalam satu bendera Korea dapat mempererat persahabatan kedua negara.

"Saya harap Asian Games dapat mempererat persahabatan antar masyarakat kedua Korea (Utara dan Selatan), masyarakat Asia, dan juga masyarakat Indonesia dan Korea Selatan," kata Presiden Jokowi dalam pengantarnya pada pertemuan bilateral delegasi kedua negara.

Pujian untuk pembukaan Asian Games

Menlu Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan tersebut, PM Korea Selatan Lee Nak-yeon pertama-tama menyampaikan duka cita dan simpati yang mendalam terhadap bencana yang terjadi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).