China kucurkan US$60 miliar bagi Afrika

Forum Kerja Sama China-Afrika berlangsung di Beijing pada 3-4 September 2018.

Presiden Xi Jinping berfoto bersama dengan para pemimpin negara-negara Afrika dalam Forum Kerja Sama China-Afrika di Beijing. How Hwee Young/POOL Via REUTERS

Pada Senin (3/9), Presiden China Xi Jinping mengumumkan bantuan dan pinjaman sebesar US$60 miliar untuk Afrika. Itu disampaikannya saat menjadi tuan rumah Forum Kerja Sama China-Afrika di Beijing.

Presiden Xi menegaskan bahwa dana tersebut dikucurkan tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Dia menggambarkan China sebagai pihak yang murah hati, yang hanya termotivasi untuk berbagi pengalaman tentang industrialisasi yang cepat.

"Investasi China di Afrika tidak datang dengan kondisi politik apa pun yang melekat dan tidak akan menganggu politik internal atau membuat tuntutan yang sulit untuk dipenuhi," ujar Presiden Xi dalam pidatonya di Forum Kerja Sama China-Afrika.

Menurut Xi, uang yang digelontorkan China akan difokuskan pada infrastruktur demi mempercepat perkembangan negara-negara Afrika. 

Rinciannya belum jelas, namun dikabarkan US$60 miliar termasuk di antaranya US$15 miliar dalam bentuk hibah, pinjaman bebas bunga dan pinjaman lunak, US$20 miliar dalam jalur kredit, serta US$10 miliar dana khusus untuk pembiayaan pembangunan. Perusahaan-perusahaan China juga akan didorong untuk berinvestasi setidaknya US$10 miliar di Afrika dalam kurun tiga tahun ke depan, ungkap media lokal.