Hemat demi kurangi beban utang, pemerintah Pakistan lelang kendaraan anti-peluru

Mobil termahal yang terjual dalam lelang adalah Toyota Land Cruiser anti-peluru keluaran 2015, yang nilainya hampir US$200.000.

Imran Khan saat melakukan pidato perdananya sebagai PM Pakistan / Press Information Department (PID)/Handout via REUTERS

Sejumlah jip dan helikopter anti-peluru menarik ratusan penawar ke lelang yang dilakukan pemerintah Pakistan. Pelelangan tersebut bertujuan sebagai langkah penghematan untuk mengurangi beban utang negara.

Namun, pelelangan yang diadakan di halaman kediaman resmi perdana menteri dan dipublikasikan besar-besaran tersebut gagal mencapai target, bahkan mengundang tawa dari calon pembeli.

Juru lelang mengatakan, pemerintah berharap dapat membukukan setidaknya US$16 juta dari pelelangan ini. Faktanya, pada Senin (17/9), penjualan hanya US$600.000.

Lebih dari 100 mobil, setengahnya adalah tunggangan mewah, masuk bursa lelang pada Senin kemarin. Namun, hanya 62 yang terjual.

Dari seluruh mobil yang dilelang, yang menjadi primadona adalah dua Mercedes Maybach S-600. Keduanya dibeli di bawah pemerintahan mantan PM Sharif pada 2016.