Warga China di AS ditangkap dan didakwa spionase

Seorang pria China ditangkap karena diduga memata-matai para insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat untuk pemerintah Beijing.

Ilustrasi/Pixabay

Seorang pria China ditangkap karena diduga memata-matai para insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat untuk pemerintah Tiongkok. Menurut Jaksa AS, tersangka yang bernama lengkap Ji Chaoqun dibekuk di Chicago dan didakwa sebagai agen asing ilegal di AS.

Ji Chaoqun mulai menetap di AS sejak Agustus 2003 sebagai mahasiswa jurusan teknik elektro di Illinois Institute of Technology di Chicago. Dia kemudian meraih gelar Magister pada jurusan yang sama tahun 2016. Ji Chaoqun juga terdaftar di Pasukan Cadangan Militer AS pada tahun 2016.

Pria berusia 27 tahun itu diduga berusaha memberikan rincian terkait delapan orang yang berpotensi untuk direkrut sebagai mata-mata China, beberapa di antaranya adalah kontraktor pertahanan AS. Ji Chaoqun juga dituduh bekerja di bawah arahan seorang perwira intelijen tingkat tinggi yang tidak disebut namanya. Demikian menurut dakwaan yang diajukan di pengadilan Chicago.

Ji Chaoqun membantah seluruh dakwaan tersebut. Dia menegaskan, dirinya tidak memiliki kontak dengan pemerintah asing dalam tujuh tahun terakhir. Namun, menurut Jaksa, ia gagal menjelaskan hubungannya dengan perwira intelijen yang dimaksud.

Dalam kasus ini, Ji Chaoqun terancam hukuman maksimum 10 tahun penjara jika terbukti bersalah sebagai agen asing ilegal.