Australia ingin pindahkan kedubes ke Yerusalem, Turnbull peringatkan reaksi RI

Turnbull memperingatkan jika Australia bersikeras memindahkan kedubesnya ke Yerusalem maka reaksi keras akan datang dari Indonesia.

Ilustrasi / Pixabay

Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (64) pada Selasa (30/10) menyatakan bahwa negaranya akan mendapat reaksi yang sangat negatif dari Indonesia jika bersikeras memindahkan kedutaan besar di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Hal tersebut disampaikan Turnbull setelah dirinya bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Bali pada Senin (29/10) untuk membahas kesepakatan perdagangan bebas bilateral. 

"Presiden Jokowi mengungkapkan kepada saya ... kekhawatiran yang sangat serius yang terjadi di Indonesia tentang kemungkinan pindahnya Kedutaan Besar Australia dari Tel Aviv ke Yerusalem," ujar Turnbull kepada Australian Broadcasting Corp.

"Tidak ada keraguan bahwa jika itu terjadi, maka akan disambut dengan reaksi yang sangat negatif di Indonesia," imbuhnya.

Turnbull mencatat bahwa Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, "Jadi kita harus sangat jernih soal itu."