Bogota terburuk di dunia soal pelecehan seksual, Jakarta?

Laporan yang dirilis oleh Plan International menyurvei hampir 400 ahli di 22 kota di enam benua.

Ilustrasi / Pixabay

Sebuah laporan mengungkapkan bahwa ibu kota Kolombia, Bogota, adalah kota terburuk untuk dihuni oleh anak perempuan dan wanita ketika menyangkut dengan isu pelecehan seksual. 

Laporan yang dirilis oleh Plan International bertajuk 'Girls' Safety in Cities across the World' menyurvei hampir 400 ahli di 22 kota di enam benua, untuk memeriksa risiko keamanan yang dihadapi anak perempuan dan wanita dalam skala besar.

Survei menemukan bahwa ibu kota Peru, Lima, adalah kota paling berbahaya di dunia bagi para gadis untuk pergi sendirian, baik pada siang maupun malam hari. Adapun Johannesburg berada pada posisi paling berbahaya untuk kasus pencurian, perampokan, dan penyerangan seksual atau pemerkosaan.

Sementara itu, Stockholm merupakan kota paling aman dari pelecehan seksual. Perempuan juga tidak perlu khawatir untuk bepergian sendiri atau menggunakan transportasi umum di Ibu kota Swedia itu.

Jajak pendapat ini adalah yang pertama dari jenisnya yang menyoroti universalitas bahaya yang dihadapi para gadis dan wanita muda di sejumlah kota dan ruang publik yang berbeda masyarakat dan budayanya.