Badai Michael menerjang Amerika Serikat

Badai Michael berkembang dari topan tropis menjadi badai kategori 4 dalam waktu sekitar 40 jam.

Sebuah bisnis lokal yang dirusak oleh badai Michael di Panama City Beach, Florida, Amerika Serikat. Foto diambil pada 10 Oktober 2018. REUTERS / Jonathan Bachman

Badai Michael kategori 4, yang menghancurkan, memasuki daratan di dekat Mexico Beach di negara bagian Florida, Amerika Serikat Tenggara, pada Rabu (10/10) menjelang sore waktu setempat.

Dengan kecepatan angin 155 mil per jam, Michael adalah badai paling kuat yang menerjang Panhandle, Florida, wilayah yang dikelilingi desa nelayan dan pantai pariwisata.

Badai tersebut menaikkan permukaan air laut sampai 4,3 meter sehingga memasuki daratan dan merendam banyak daerah di seluruh bagian tenggara Amerika Serikat dan membawa hujan lebat, kata petugas meteorologi.

"Ini adalah situasi yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa," kata Lembaga Cuaca Nasional.

"Badai Michael telah memasuki daratan, dan kami terus mempersiapkan upaya reaksi cepat. Kami mengerahkan truk yang berisi berton-ton makanan, air serta pasokan penting lain yang siap bergerak, termasuk 1,5 juta makanan siap-saji dan satu juta galon air," kata Gubernur Florida Rick Scott di akun Twitternya.