Presiden Jokowi dan Menlu Retno akan hadiri KTT ASEAN dan APEC

KTT ASEAN akan berlangsung di Singapura pada 13-15 November. Sementara KTT APEC akan berlangsung di Papua Nugini pada 17-18 November.

Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Benny Siahaan (kiri) dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir (kanan) di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (8/11).

Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Benny Siahaan mengonfirmasi kehadiran Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN yang bertempat di Singapura pada 13-15 November mendatang. Presiden akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

KTT ASEAN akan dihadiri oleh seluruh kepala negara ASEAN beserta negara-negara mitra seperti China, India, Rusia, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat. Selain itu, KTT ke-33 ini merupakan puncak dari keketuaan Singapura sebelum diserahkan kepada Thailand tahun depan.

"Intinya akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama. Pada 13 November itu merupakan sesi pleno yang mana presiden akan menyampaikan ASEAN sebagai sebuah keluarga dalam menghadapi krisis yang terjadi di kawasan dan juga siap membantu Myanmar dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan Rohingya, serta mengenai konsep Indo-Pasifik," jelas Benny di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (8/11).

Indo-Pasifik, menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir menjadi isu prioritas Indonesia untuk disampaikan di KTT ASEAN. 

Adapula East Asia Summit (EAS) dan ASEAN Plus Three yang akan berlangsung pada 15 November.