Rekaman suara, bukti keterlibatan MBS dalam pembunuhan Khashoggi?

Putra Mahkota Arab Saudi MBS memiliki hubungan dekat dengan menantu sekaligus penasihat senior Presiden Donald Trump, Jared Kushner.

Aktivis HAM membawa gambar jurnalis Saudi Jamal Khashoggi saat aksi protes di depan Konsulate Saudi di Istanbul, Turki, Selasa (9/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Osman Orsal

Rekaman suara pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi dilaporkan mengindikasikan keterlibatan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atau MBS.

Setelah menuntaskan misi pembunuhan terhadap Khashoggi, terdengar suara Maher Abdulaziz Mutreb, salah satu dari 15 tersangka yang diduga dikirim ke Konsulat Arab Saudi untuk membunuh Khashoggi, menelepon seseorang dan mengatakan "laporkan pada bosmu." 

Meski namanya tidak disebut, pejabat intelijen AS meyakini kata "bos" dalam rekaman tersebut mengacu pada MBS.

Bulan lalu, rekaman suara yang sudah diberikan kepada Direktur CIA Gina Haspel tersebut telah dinyatakan sebagai salah satu bukti terkuat yang dapat mengaitkan keterlibatan MBS dengan pembunuhan Khashoggi.

Turki memperdengarkan rekaman tersebut pada Haspel dalam kunjungannya ke Ankara pada Oktober lalu. Namun, mereka tidak memperbolehkannya membawa pulang rekaman itu ke AS.