Kanada pertimbangkan jatuhkan sanksi bagi Arab Saudi

Pertimbangan Kanada untuk menjatuhkan sanksi terhadap Arab Saudi ini dipicu oleh kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland. Instagram/@chrystiafreeland

Setelah Kementerian Keuangan Amerika Serikat mengumumkan telah menjatuhkan sanksi bagi Arab Saudi atas pembunuhan Jamal Khashoggi, pemerintah Kanada mempertimbangkan untuk mengambil langkah serupa.

"Kami mengetahui sanksi AS terhadap sejumlah individu Arab Saudi. Dan kami telah berhubungan dekat dengan AS tentang sanksi Magnitsky ... Kanada menyambut baik tindakan AS. Ketika terkait dengan Kanada, kami juga memiliki UU Magnitsky dan itu adalah alat yang menurut kami sangat berguna dalam kebijakan luar negeri kami. Dan Kanada mempertimbangkan untuk mengaktifkannya dalam beberapa hari mendatang," jelas Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland, Kamis (15/11).

AS menjatuhkan sanksi bagi warga Arab Saudi berdasarkan Magnitsky Act. Kementerian Keuangan AS mengumumkan sanksi Magnitsky Act kepada 17 pejabat Saudi atas peran mereka dalam pembunuhan Khashoggi pada Jumat (16/11). 

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober 2018 setelah memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen yang dia butuhkan demi menikahi tunangannya yang merupakan warga Turki. 

Lima hari kemudian, para pejabat Turki menyebutkan bahwa Khashoggi telah disiksa, dibunuh, dan jasadnya dimutilasi di pos diplomatik Arab Saudi tersebut.