Putin: Presiden Ukraina dalang insiden di Laut Hitam

Putin mengklaim insiden yang terjadi pada akhir pekan kemarin merupakan upaya presiden Ukraina untuk menaikkan popularitasnya jelang pemilu.

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara pada konferensi pers di sela KTT Asia Timur di Singapura, Kamis (15/11). ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (28/11) menuduh Presiden Ukraina Petro Poroshenko mendalangi provokasi angkatan laut di Laut Hitam pada akhir pekan.

Putin menyebut itu sebagai upaya untuk menaikkan peringkat popularitas Poroshenko yang goyah sebelum pemilihan tahun depan.

Rusia menahan tiga kapal AL Ukraina dan awaknya pada Minggu (25/11) karena memasuki perairan Rusia secara ilegal. Ukraina membantah tuduhan itu.

Insiden tersebut telah menaikkan ketakutan di Barat akan konflik yang lebih luas antara kedua negara. Sejak peristiwa itu, Kiev memberlakukan darurat militer di sejumlah bagian negara tersebut, dengan menyatakan pihaknya takut kemungkinan Rusia melancarkan invasi.

Sejumlah sekutu Barat Ukraina telah mempertimbangkan kemungkinan untuk memberlakukan sanksi baru atas Rusia terkait insiden tersebut, yang diprediksi dapat mengganggu ekonomi Rusia.