Atas perintah AS, putri pendiri Huawei ditangkap di Kanada

Meng Wanzhou merupakan putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei. Dia ditangkap di Vancouver, Kanada, atas perintah Amerika Serikat.

Ilustrasi / Pixabay

Putri pendiri raksasa telekomunikasi China Huawei ditangkap di Kanada dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat. Meng Wanzhou yang menjabat sebagai direktur keuangan Huawei ditahan di Vancouver pada Sabtu (1/12).

Rincian penangkapan belum dirilis, namun AS dilaporkan telah menyelidiki Huawei atas kemungkinan pelanggaran sanksi terhadap Iran.

Sementara itu, Kementerian Kehakiman Kanada mengonfirmasi tanggal dan tempat penangkapan Meng Wanzhou. Selain itu mereka menambahkan, "Dia dicari untuk diekstradisi ke Amerika Serikat, dan sidang jaminan telah ditetapkan pada hari Jumat (7/12)."

Mereka menuturkan tidak dapat menjelaskan lebih lanjut karena Meng Wanzhou telah meminta larangan publikasi dan hal tersebut juga telah diperintahkan oleh pengadilan.

Seorang juru bicara Kementerian Kehakiman AS di Distrik Timur New York, yang menurut Huawei adalah pihak yang mengajukan tuntutan, menolak berkomentar.