China ke Kanada: Bebaskan bos Huawei atau tanggung konsekuensi

Direktur Keuangan Global Huawei yang juga merupakan putri pendiri raksasa telekomunikasi itu, Meng Wanzhou, ditangkap di Vancouver, Kanada.

Ilustrasi / Pixabay

Pada Sabtu (8/12), China memperingatkan Kanada bahwa akan ada konsekuensi berat jika tidak segera melepaskan Direktur Keuangan Global Huawei Meng Wanzhou.

Meng Wanzhou yang juga putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei ditangkap di Kanada pada 1 Desember dan menghadapi upaya ekstradisi ke Amerika Serikat, yang menuduhnya berusaha menutupi hubungan perusahaannya dengan perusahaan yang mencoba menjual peralatan ke Iran. Padahal Washington telah menjatuhkan sanksi ke Teheran.

Jika diekstradisi ke Negeri Paman Sam, Meng Wanzhou akan menghadapi tuduhan konspirasi penipuan terhadap sejumlah lembaga keuangan dengan hukuman maksimal 30 tahun atas setiap dakwaan. Demikian diungkapkan pengadilan Kanada pada Jumat (7/12).

Tidak ada keputusan yang dicapai dalam sidang ekstradisi setelah hampir enam argumen dan kontrargumen. Sidang ditunda hingga Senin (10/12).

Dalam sebuah pernyataan singkat, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Le Yucheng telah merilis peringatan ke duta besar Kanada di Beijing untuk melepaskan Meng Wanzhou. Pemanggilan dubes Kanada itu disebut Le sebagai bentuk protes keras.