1 juta dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang tiba di Indonesia

Vaksin yang diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725 tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis malam.

Sumbangan satu juta vaksin AstraZeneca dari Jepang saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Kamis (1/7). / Kedubes Jepang di Indonesia

Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo Tri Purnajaya, selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo, bersama Direktur Second Southeast Division Kementerian Luar Negeri Jepang Hajime Ueda melepas secara simbolis 13 kontainer yang memuat sekitar satu juta dosis Vaksin AstraZeneca di Bandara Narita pada Kamis (1/7).

Kiriman tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Jepang bagi Indonesia. Dalam keterangan tertulis pada Jumat (2/7), KBRI Tokyo menuturkan bahwa selain menyampaikan apresiasi kepada Jepang, Tri juga menyebutkan, pengiriman vaksin tersebut merupakan cerminan kuatnya hubungan kedua negara sebagai negara sahabat sekaligus mitra strategis maupun dalam konteks people-to-people.

Sementara itu, Hajime Ueda menyampaikan harapan Pemerintah Jepang bahwa kerja sama pengiriman vaksin itu dapat berkontribusi bagi upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani pandemik Covid-19, sekaligus memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Vaksin yang diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725 tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis malam.

KBRI Tokyo menjelaskan pengiriman vaksin dari Jepang ini merupakan bagian dari diplomasi vaksin Indonesia untuk memperjuangkan jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif, dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage) yang dilakukan secara bilateral maupun mekanisme multilateral melalui mekanisme Covax.