12 anggota Garda Nasional dicopot dari tugas pelantikan Biden

Tidak ada kriteria yang digunakan untuk mencopot seorang anggota Garda Nasional yang dikerahkan untuk pelantikan.

Ilustrasi pasukan keamanan. Pixabay

Garda Nasional Amerika Serikat telah mencopot 12 anggota dari peran mereka sebagai bagian dari tim keamanan untuk acara pelantikan presiden terpilih, Joe Biden. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Garda Nasional Angkatan Darat Jenderal Daniel Hokanson pada Selasa (19/1).

Hokanson menjelaskan, dua orang ditandai karena mereka pernah menyampaikan "komentar tidak pantas", satu melalui rantai komando mereka, dan satu lainnya melalui pelaporan secara anonim.

Sementara itu, 10 orang lainnya diidentifikasi oleh FBI melalui pemeriksaan standar yang dilakukan pada peserta sebelum semua pelantikan.

The Associated Press sebelumnya melaporkan bahwa kedua anggota Garda Nasional itu dipulangkan setelah mereka ditemukan memiliki hubungan dengan kelompok militan sayap kanan, meskipun tidak ditemukan plot untuk melukai Biden.

Juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman mengatakan, kelompok yang terdiri dari 10 orang lainnya ditandai selama proses pemeriksaan FBI karena sejumlah alasan berbeda yang tidak terkait dengan peristiwa pelantikan.