14 warga AS dari kapal pesiar di Jepang positif coronavirus

Coronavirus jenis baru saat ini telah menewaskan 1.775 orang di seluruh dunia. Lima kematian terjadi di luar China daratan.

Petugas menggunakan pakaian pelindung di sebelah pesawat yang disiapkan untuk penumpang kapal pesiar Diamond Princess asal Amerika Serikat di Bandara Internasional Tokyo, Jepang, Senin (17/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat pada Senin (17/2) mengatakan, 14 penumpang di dalam pesawat sewaan yang mengangkut warga AS dan keluarga mereka dari kapal pesiar Diamond Princess terjangkit coronavirus jenis baru.

Empat belas penumpang tersebut termasuk di antara lebih dari 300 orang yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Yokohama, Jepang, sejak awal Februari. Pada Minggu (16/2) malam, mereka diterbangkan ke dua pangkalan militer di AS.

Para pejabat AS baru diberitahu bahwa 14 orang itu positif coronavirus saat sedang melakukan proses evakuasi, tepatnya setelah para penumpang turun dari kapal.

Kemlu AS menyebut, dua hingga tiga hari sebelum evakuasi, para penumpang telah menjalani tes kesehatan. 

Sebelumnya, sekitar 40 warga AS di atas kapal yang sama dinyatakan positif terinfeksi coronavirus dan kini telah dirawat di Jepang.