15.000 demonstran desak PM Ceko mundur

Para pengunjuk rasa memberikan tenggat hingga 31 Desember bagi Babis untuk melepas kepemilikan atas bisnisnya atau mengundurkan diri.

Demonstrasi menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, di Praha, Selasa (17/12). REUTERS/David W Cerny

Pada Selasa (17/12), puluhan ribu warga Ceko berbaris melalui ibu kota untuk mendesak Perdana Menteri Andrej Babis mengundurkan diri dalam gelombang protes baru terhadap politikus miliarder itu.

Mengibarkan bendera Ceko dan Uni Eropa, pada Selasa, para pengunjuk rasa meneriakkan, "We've had enough" dan "Resign".

Protes berlangsung selama beberapa jam di mana pemrotes berbaris dari Wanceslas Square menuju wilayah pusat kantor-kantor pemerintahan. Polisi memperkirakan 15.000 orang ambil bagian dalam unjuk rasa tersebut.

"Kami di sini karena kami tidak ingin menoleransi disintegrasi budaya politik yang berkelanjutan di Ceko," ujar pemimpin kelompok penyelenggara protes, Million Moments for Democracy, Mikulas Minar.

Serangkaian protes dipicu oleh langkah Jaksa Penuntut Ceko yang pada awal Desember membuka kembali kasus Babis yang menuduh perdana menteri itu melakukan penipuan yang melibatkan subsidi Uni Eropa.