474 ABK WNI kembali bekerja di kapal pesiar Jerman

Mereka sebelumnya dipulangkan oleh perusahaan karena operasional kapal sempat terhenti akibat Covid-19.

Ketibaan para ABK di Bandara Rostock-Laage pada 22 Juli disambut oleh Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno. Foto Istimewa

Perusahaan kapal pesiar asal Jerman, AIDA Cruise, mengirim dua pesawat charter ke Jakarta untuk mengangkut 474 anak buah kapal (ABK) WNI yang akan kembali bekerja.

Mereka sebelumnya dipulangkan oleh perusahaan karena operasional kapal sempat terhenti akibat Covid-19. Ketibaan para ABK di Bandara Rostock-Laage pada 22 Juli disambut oleh Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

"Kami semua ikut senang akhirnya teman-teman dapat bekerja kembali di sini. Pesan saya, selalu jaga kesehatan dan senantiasa perhatikan protokol yang ada," jelas Dubes Arif dikutip dari keterangan tertulis KBRI Berlin pada Jumat (24/7).

Dubes Arif mengakui, proses penjemputan para ABK tidak mudah karena pemerintah Indonesia berupaya mengurangi risiko WNI di luar negeri tertular Covid-19.

Namun, melihat kemajuan pemerintah Jerman dalam menangani Covid-19, Indonesia yakin bahwa situasi sudah kondusif untuk mendatangkan kembali para ABK.