5 negara minta Iran bayar kompensasi atas tragedi pesawat Ukraina

Kelima negara itu pun mendesak Iran menjalankan penyelidikan internasional yang independen, menyeluruh, transparan, dan terbuka.

Puing pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines penerbangan PS752 yang jatuh setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, Iran, pada Rabu (8/1). ANTARA FOTO/Iran Press/Handout via REUTERS

Lima negara yang warganya tewas dalam insiden jatuhnya pesawat Ukraina, menyerukan Iran membayar kompensasi kepada keluarga korban. Pesawat itu menjadi korban salah rudal militer Iran. 

Kanada, Ukraina, Swedia, Afghanistan, dan Inggris pun menegaskan bahwa Iran harus mengadakan penyelidikan internasional yang independen, menyeluruh, transparan, dan terbuka. Pernyataan tersebut dirilis setelah pertemuan para pejabat dari kelima negara di Kedutaan Besar Kanada di London.

"Kami di sini untuk mencari resolusi, pertanggungjawaban, transparansi, dan keadilan bagi para keluarga korban," kata Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne pada Kamis (16/1).

Dia menuturkan bahwa keluarga korban, komunitas internasional, dan dunia menunggu respons Iran.

"Mata dunia tertuju pada Iran saat ini," lanjut dia.