6 Negara Barat buat pernyataan bersama dukung hak Israel untuk membela diri

Mereka juga berjanji untuk mempertahankan kerja sama dengan sekutu regional untuk memastikan akses yang berkelanjutan.

6 Negara-negara Barat buat pernyataan bersama mendukung hak Israel untuk membela diri. Foto: Anadolu

Amerika, Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Kanada mengeluarkan pernyataan bersama pada Minggu malam yang menegaskan kembali dukungan mereka terhadap “hak untuk membela diri melawan terorisme” bagi Israel.

“Para pemimpin menegaskan kembali dukungan mereka terhadap Israel dan haknya untuk mempertahankan diri dari terorisme dan menyerukan kepatuhan terhadap hukum kemanusiaan internasional, termasuk perlindungan warga sipil,” kata pernyataan tersebut, yang diposting di situs web pemerintah Inggris.

Pernyataan itu muncul setelah diskusi antara Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Semua pemimpin menyatakan kepuasannya atas pembebasan dua sandera Amerika baru-baru ini oleh kelompok Palestina Hamas dan menyerukan pembebasan segera semua sandera lainnya yang masih ditahan.

“Mereka berkomitmen untuk melakukan koordinasi yang erat untuk mendukung warga negara mereka di wilayah tersebut, khususnya mereka yang ingin meninggalkan Gaza,” kata pernyataan itu.