Akibat varian Delta, AS kembali minta warga pakai masker

CDC merekomendasikan warga AS yang telah divaksinasi secara penuh untuk menggunakan masker di dalam ruangan.

Foto ilustrasi / Pixabay

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pada Selasa (27/7) merevisi panduan kewajiban menggunakan masker. Kini, mereka merekomendasikan warga AS yang telah divaksinasi secara penuh untuk menggunakan masker di dalam ruangan.

Dalam revisi dari panduan yang dirilis pada 13 Mei, yang menyatakan individu yang telah divaksinasi tak perlu memakai masker, CDC kini menyarankan warga untuk memakai masker di dalam ruangan yang memiliki risiko transmisi tinggi. Langkah ini diambil di tengah lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Delta yang sangat menular.

Keputusan pada Selasa itu datang dua bulan setelah CDC merevisi pedoman terkait penggunaan masker untuk orang yang divaksinasi. Pedoman tersebut, yang masih menyerukan pemakaian masker di lingkungan dalam ruangan yang ramai, seperti bus, pesawat, rumah sakit, tahanan dan tempat penampungan tunawisma, telah membuka jalan untuk membuka kembali tempat kerja dan tempat-tempat lainnya.

CDC kini merekomendasikan agar orang yang divaksinasi penuh yang tinggal dengan anggota keluarga yang rentan, seperti mereka yang kekebalannya terganggu dan anak-anak, memakai masker di ruang publik dalam ruangan. 

Selain itu, badan tersebut juga merekomendasikan semua orang di sekolah dari jenjang TK hingga SD untuk memakai masker. Hal ini berlaku bagi guru, staf, siswa dan pengunjung, terlepas dari status vaksinasi.