Ancaman penculikan dan pemerkosaan intai pekerja kemanusiaan di Sudan

Organisasi bantuan mengatakan mereka tidak dapat menjangkau tempat-tempat yang paling membutuhkan bantuan karena pertempuran dan blokade.

Foto: Reuters

Sejumlah besar organisasi bantuan internasional dan akar rumput yang bekerja di Sudan bertemu untuk membahas kebutuhan masyarakat yang semakin mendesak di lapangan. Mereka juga mencari formula yang tepat untuk bekerja sama secara lebih efektif.

Konflik bersenjata di Sudan terus memakan korban jiwa dan membuat ratusan ribu orang terpaksa mengungsi. Di tengah situasi itu, pekerja kemanusiaan juga dibayang-bayangi ancaman penculikan dan pemerkosaan.

Mawada Mohammed, kepala organisasi rehabilitasi psikologis dan pengembangan masyarakat Ud, di Khartoum, mengatakan kepada Al Jazeera pada Konferensi Krisis Kemanusiaan Sudan di Kairo (18-20 November) bahwa Organisasi internasional perlu berkomunikasi dan berkoordinasi secara lebih efektif dengan kelompok lokal.

Ia mengatakan “kurangnya koordinasi di antara mereka sendiri dan antara mereka dengan pemerintah atau organisasi internasional” adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi kelompok lokal.

CEO organisasi kemanusiaan yang dipimpin diaspora, Shabaka, Bashair Ahmed mengatakan kepada Al Jazeera: “Respon lokal harus memiliki suara dalam kebijakan dan advokasi tingkat tinggi… mereka harus dilengkapi dengan alat dan keterampilan untuk melakukannya, dan tidak hanya diundang untuk ikut serta berpakaian."