Anwar Ibrahim: BJ Habibie negarawan dengan hati nurani

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim mengunjungi kediaman Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie di Kuningan.

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim dalam konferensi pers usai bertakziah ke kediaman Habibie di Kuningan, Jakarta, pada Rabu (9/10). Alinea.id/Valerie Dante

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim mengunjungi kediaman Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie di Kuningan, Jakarta, pada Rabu (9/10).

Tiba sekitar pukul 20.30 WIB, Anwar, sahabat karib Habibie, hadir untuk bertakziah serta menemui keluarga tepat saat adanya tahlilan untuk memperingati 28 hari wafatnya Habibie.

BJ Habibie mengembuskan napas terakhir pada 11 September setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September. Saat wafat, pria berusia 83 tahun itu ditemani oleh keluarga, termasuk kedua anak dan cucu-cucunya. Dia dimakamkan di TMPN Kalibata pada 12 September.

Anwar mengaku baru sempat berkunjung karena pada saat Habibie meninggal, dirinya sedang berada di luar negeri. Lantas, Wakil Perdana Menteri Malaysia yang juga merupakan istrinya, Wan Azizah, melayat ke Jakarta sebagai perwakilan keluarga.

Dalam jumpa pers di kediaman Habibie, Anwar memuji mantan presiden itu sebagai negarawan yang bergerak dari hati nurani.