logo alinea.id logo alinea.id

Anwar Ibrahim: BJ Habibie negarawan dengan hati nurani

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim mengunjungi kediaman Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie di Kuningan.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 10 Okt 2019 03:47 WIB
Anwar Ibrahim: BJ Habibie negarawan dengan hati nurani

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim mengunjungi kediaman Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie di Kuningan, Jakarta, pada Rabu (9/10).

Tiba sekitar pukul 20.30 WIB, Anwar, sahabat karib Habibie, hadir untuk bertakziah serta menemui keluarga tepat saat adanya tahlilan untuk memperingati 28 hari wafatnya Habibie.

BJ Habibie mengembuskan napas terakhir pada 11 September setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September. Saat wafat, pria berusia 83 tahun itu ditemani oleh keluarga, termasuk kedua anak dan cucu-cucunya. Dia dimakamkan di TMPN Kalibata pada 12 September.

Anwar mengaku baru sempat berkunjung karena pada saat Habibie meninggal, dirinya sedang berada di luar negeri. Lantas, Wakil Perdana Menteri Malaysia yang juga merupakan istrinya, Wan Azizah, melayat ke Jakarta sebagai perwakilan keluarga.

Dalam jumpa pers di kediaman Habibie, Anwar memuji mantan presiden itu sebagai negarawan yang bergerak dari hati nurani.

"Dia memiliki keikhlasan dan ini adalah sifat yang sekarang sangat jarang ditemui di sebuah pemimpin. Ada dimensi manusiawi," tutur Anwar.

Habibie, lanjutnya, tidak seperti politikus pada umumnya yang menuntut ini dan itu, dia memikul amanah rakyat dan menjalankannya.

"Dia dapat dengan tulus menyatakan bahwa, 'Saya di sini akan berupaya melakukan perubahan semampu saya'," ujar Anwar.

Sponsored

Menurutnya, Habibie memiliki keprihatinan mendalam terkait derita rakyat, hal-hal kemanusian dan hak asasi. Selain itu, Habibie pun dinilai mempunyai ketertarikan dan obsesi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dia adalah ilmuwan dan teknokrat yang hebat," tegas politikus Malaysia itu.

Anwar memuji Habibie yang hingga akhir hayatnya memberikan pengajaran tentang kerukunan hidup keluarga. Kecintaan dan rasa sayangnya terhadap mendiang istri, Ainun Besari Habibie, merupakan sesuatu yang patut dicontoh.

"Sudut pandang itu penting, negarawan jarang yang menyoroti soal kerukunan hidup keluarga," jelas dia.

Dia mengaku sangat terkejut ketika mendengar kabar wafatnya Habibie. Pasalnya, beberapa hari sebelum mantan Presiden RI itu mengembuskan napas terakhir, Anwar mendapat kabar bahwa kondisinya membaik di rumah sakit.

"Beberapa hari sebelum Habibie wafat, saya menelepon Ilham dan dia bilang kondisinya membaik," ungkapnya. "Jadi saat dengar kabar duka, saya sedikit marah juga kepada Ilham sebab dia kasih gambaran bahwa Habibie sudah baik-baik saja."

Anwar menyatakan bahwa dia datang ke Jakarta khusus untuk bertakziah. Pada Kamis (10/10) siang, dia akan kembali ke Kuala Lumpur untuk menghadiri rapat parlemen.

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Selasa, 15 Okt 2019 20:42 WIB
Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB