Apresiasi perlindungan WNI, 19 orang terima Hassan Wirajuda Award

Hassan Wirajuda Award merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Menlu RI kepada pihak yang berperan besar dalam upaya perlindungan WNI.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di malam penganugerahan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award 2018 di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (7/12). Alinea.id/Valerie Dante

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia kembali menyelenggarakan malam penganugerahan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA). Ajang yang digelar pada Jumat (7/12) malam ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada para pegiat perlindungan dan pemangku kepentingan terkait peranan, pengabdian, serta kerja keras yang telah dilakukan dalam memberikan perlindungan terhadap WNI di luar negeri.

HWPA sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Menlu RI kepada pihak-pihak yang dipandang berperan besar dalam upaya perlindungan WNI di luar negeri.

"Sebenarnya penghargaan ini adalah wujud apresiasi kita terhadap pejuang kemanusiaan sekaligus ucapan terima kasih atas kerja sama yang sudah dilakukan oleh semua pihak dalam melakukan perlindungan terhadap WNI," tutur Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (7/12).

Sejak diprakarsai pada 2015, Menlu Retno berharap kegiatan ini menjadi sarana untuk membangun tradisi, memberikan pengakuan, dan mengucapkan terima kasih atas peran berbagai pihak terkait dalam misi perlindungan WNI di luar negeri.

HWPA tahun ini diberikan kepada 19 orang yang terdiri dari tujuh kategori.