AS berlakukan aturan baru bagi entitas media China

Ada lima entitas media China yang ditargetkan Amerika Serikat.

Ilustrasi surat kabar / Pixabay

Amerika Serikat pada Selasa (18/2) mengatakan akan mulai memperlakukan lima entitas media besar yang dikelola pemerintah China sama dengan operasi yang mereka terapkan pada kedutaan asing. Kelimanya diharuskan mengungkap daftar pekerja mereka, termasuk terkait perekrutan dan pemecatan, serta properti mereka, baik yang dimiliki atau disewa, ke kementerian luar negeri.

Mereka juga harus meminta persetujuan lebih dulu sebelum menyewa atau membeli properti baru. Kebijakan ini dinilai akan membantu kementerian luar negeri lebih memahami bagaimana lima entitas tersebut beroperasi di Negeri Paman Sam.

Kelima entitas media yang dimaksud adalah kantor berita Xinhua, China Global Television Network, China Radio International, China Daily Distribution Corp, dan Hai Tian Development USA Inc.

China Daily adalah surat kabar berbahasa Inggris yang diterbitkan oleh Partai Komunis China, sementara Hai Tian Development USA Inc adalah distributor People's Daily, surat kabar resmi Komite Sentral partai.

Dua pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS menjelaskan bahwa keputusan itu dibuat karena China memperketat kontrol negara atas medianya dan Presiden Xi Jinping telah menggunakan mereka secara lebih agresif untuk menyebarkan propaganda pro-Beijing.