AS hapus tarif impor baja dan aluminium dari Kanada

Penghapusan tarif merupakan langkah untuk mempercepat pembaruan perjanjian NAFTA menjadi USMCA.

Ilustrasi / Pixabay

Amerika Serikat mencapai kesepakatan untuk mencabut tarif baja dan aluminium dari Kanada. Keputusan ini sekaligus menghilangkan salah satu hambatan terbesar dalam meneruskan pembaruan bagi Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) menjadi perjanjian perdagangan yang baru antara AS-Meksiko-Kanada (USMCA) yang ditandatangani pada 2018. 

Hal tersebut diumumkan dalam pernyataan bersama AS dan Kanada. Kedua negara menyatakan bahwa tarif 25% untuk impor baja dan 10% untuk impor aluminium akan dihapus pada Minggu (19/5).

Selain dengan Kanada, AS diharapkan akan menghapus tarif impor baja dan aluminum dengan Meksiko. Sebelumnya, AS menerapkan tarif tersebut pada 2018 dengan alasan keamanan nasional.

Jika Washington dan Mexico City juga mengumumkan perjanjian untuk mencabut tarif atas baja dan aluminium, maka AS, Meksiko, dan Kanada akan meminta pemerintah masing-masing untuk meratifikasi USMCA.

Di sisi lain, Kanada juga mengumumkan akan menghapus tarif impor baja dan aluminium AS yang mereka terapkan tahun lalu sebagai balasan atas tarif yang diberikan pemerintahan Presiden Donald Trump.