AS pertegas komitmen bantu ASEAN hadapi Covid-19

Secara total, AS memberikan bantuan senilai US$35,3 juta bagi ASEAN, termasuk US$3 juta untuk Indonesia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Twitter/@Menlu_RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan, dalam pertemuan "ASEAN-US Foreign Minister Meeting on Covid-19" pada Kamis (23/4), Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo kembali menekankan komitmen kerja sama dengan ASEAN untuk menangani coronavirus jenis baru.

Selain itu, Menlu Pompeo juga mempertegas akan bekerja sama terkait pemulihan ekonomi ASEAN pascacoronavirus jenis baru.

"Komitmen kerja sama AS antara lain diterjemahkan dalam bentuk keberadaan para ahli dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di negara-negara ASEAN, termasuk di Indonesia," jelas Menlu Retno dalam pengarahan media secara virtual.

Menlu Retno menyebut, secara total, AS memberikan bantuan senilai US$35,3 juta bagi ASEAN, termasuk US$3 juta untuk Indonesia yang disalurkan melalui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), International Development Design Summit (IDDS), Johns Hopkins University, CDC, dan United States Agency for International Development (USAID).

"Bentuk bantuan AS bagi ASEAN antara lain dukungan untuk laboratorium, pelatihan pengawasan risiko penularan, serta penyediaan alat-alat kesehatan seperti alat pelindung diri (APD) dan reagen," lanjut dia.