Australia melakukan uji coba karantina rumah bagi pelancong internasional

Tiap pelancong yang masuk ke Sydney harus sudah divaksinasi secara penuh.

Perdana Menteri Scott Morrison. Foto twitter.com/ScottMorrisonMP

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan pada Jumat (17/9), pejabat Australia akan menguji coba sistem karantina rumah untuk para pelancong internasional yang tiba di Sydney. Hal ini dilakukan sehubung dengan negara itu bergerak untuk membuka kembali perbatasannya meskipun masih ada kasus Covid-19 yang persisten. Tiap pelancong yang masuk ke Sydney harus sudah divaksinasi secara penuh.

Australia menutup perbatasan internasionalnya pada Maret 2020 sebagai tanggapan terhadap pandemi. Perbatasan hanya bisa dimasuki secara eksklusif untuk warga negara dan penduduk tetap dan mengharuskan menjalani karantina hotel selama dua minggu dengan biaya pribadi.

"Ini adalah langkah selanjutnya dalam rencana kami untuk membuka kembali dengan aman, dan tetap terbuka dengan aman," kata Morrison, menambahkan uji coba dapat menetapkan standar untuk cara "kita hidup dengan Covid-19," tambah dia lagi.

Saat ini Sydney sudah menerima banyak penduduk yang kembali dari luar negeri dan akan menguji coba program karantina rumah selama tujuh hari pada akhir bulan.

Pihak berwenang akan menggunakan aplikasi ponsel dan teknologi pengenalan wajah untuk memantai kepatuhan sekitar 175 orang, termasuk penduduk, bukan penduduk, dan beberapa awak pesawat Qantas.