Badai Dennis picu banjir dan longsor di Inggris

Ratusan penerbangan dibatalkan. Banjir turut merendam sejumlah jalan raya dan jalur kereta api. 

Ilustrasi badai / Pixabay

Sebagian besar wilayah Inggris dilanda banjir dan tanah longsor akibat hujan lebat dan angin kencang yang dipicu Badai Dennis, membuat ribuan rumah tergenang. Badai, yang oleh penduduk lokal disebut sebagai "bomb cyclone", menimbulkan hampir 600 titik banjir di Inggris pada Minggu (16/2). 

Ratusan penerbangan dibatalkan. Banjir turut merendam sejumlah jalan raya dan jalur kereta api.

Dyfed-Powys Police di Wales mengatakan bahwa seorang pria berusia 60 tahun tewas tenggelam di Sungai Tawe yang meluap akibat curah hujan yang tinggi. Jasadnya ditemukan sekitar pukul 10.00 pada Minggu.  

Sementara itu, angin kencang hingga 70 kilometer per jam diyakini menjadi penyebab atas kematian dua pria yang ditemukan di laut dalam pencarian terpisah di pesisir pantai tenggara Inggris pada Sabtu (15/2). Seorang pria ditemukan di Margate dan satu pria lainnya di Herne Bay.

Di bagian selatan Wales, polisi setempat menyatakan bahwa hujan lebat tanpa jeda selama 48 jam telah menyebabkan tanah longsor dan membuat banyak warga terjebak di rumah. Anggota parlemen setempat, Alex Davies-Jones, mengatakan bahwa dia sangat sedih melihat badai telah merusak lebih dari 1.000 rumah di daerah tersebut.