Bakal cawapres AS ini ternyata pernah tinggal di Jakarta

Tammy Duckworth sempat habiskan masa kecilnya di Jakarta.

Senator Illinois Ladda Tammy Duckworth/Twitter @SenDuckworth.

Ladda Tammy Duckworth (52), senator junior Partai Demokrat untuk Illinois, muncul sebagai salah satu politikus Asia-Amerika paling terkemuka. Nama senator asal Illinois tersebut dikabarkan tercantum dalam daftar bakal calon wakil presiden (Cawapres) Joe Biden dalam Pilpres AS pada November 2020.

Lahir di Bangkok pada tahun 1968, Duckworth dan kisah hidupnya telah menginspirasi banyak orang. Dia tidak akan pernah melupakan sore hari pada 12 November 2004, ketika tembakan dari darat mengenai sisi kanan helikopter Black Hawk yang dikendarainya di Irak sebagai kapten di Pengawal Nasional Illinois.

Akibat serangan itu, helikopter yang dia kendarai jatuh dan dia kehilangan kedua kakinya. Dia berterima kasih kepada rekan-rekannya karena menyelamatkan hidupnya pada 2004.

Menjadi anggota cadangan Angkatan Darat sejak 1992, pilot berusia 36 tahun itu menghentikan studi doktoralnya terkait kebijakan Asia Tenggara dan pekerjaan dengan Rotary International untuk bertugas di Irak.Setelah pensiun dari militer, Duckworth mencoba peruntungan di dunia politik. Dia terpilih sebagai anggota kongres pada 2012 dan memenangkan kursi senat pada 2016.

Jika terpilih sebagai salah satu calon wakil presiden untuk Pilpres 2020, Duckworth akan menjadi wanita Asia-Amerika pertama yang meraih posisi tersebut.