Banjir Korsel: 9 Mayat dievakuasi dari underpass

Insiden itu dilaporkan terjadi pada Sabtu pagi setelah tanggul jebol dan air mengalir deras menuju underpass.

Banjir Korsel: 9 Mayat dievakuasi dari underpass. Foto AP

Petugas penyelamat mengeluarkan sembilan mayat dari underpass yang kebanjiran di kota Korea Selatan Cheongiu. Di underpass itu kendaraan, termasuk bus, masih terperangkap setelah air banjir menyembur ke dalam terowongan.

Beberapa mayat ditemukan dari dalam bus yang terjebak di dalam terowongan. Meskipun jumlah pasti orang yang terperangkap di dalam bervariasi, pihak berwenang Korea Selatan memperkirakan setidaknya 15 kendaraan terendam di underpass yang banjir setelah tanggul sungai terdekat jebol akibat hujan deras.

Sembilan orang yang selamat diselamatkan pada hari Sabtu tepat setelah insiden itu. Mereka berhasil menyelamatkan diri dengan berpegangan pada sisi pagar pengaman di sekitar terowongan.

Al Jazeera mengutip kepala pemadam kebakaran kota Seo Jeong-il, mengatakan bahwa terowongan itu memiliki panjang 685 meter dan hampir 400 petugas penyelamat, termasuk penyelam, sedang mencari jalan bawah tanah. Rekaman dari situs menunjukkan petugas penyelamat memompa air berlumpur keluar dari terowongan. Penyelam menggunakan perahu karet untuk keluar masuk area tersebut.

Insiden itu dilaporkan terjadi pada Sabtu pagi setelah tanggul jebol dan air mengalir deras menuju underpass. Terowongan itu berjarak sekitar 600 meter dari Sungai Miho, anak sungai dari Sungai Geum, saluran air terbesar ketiga Korea Selatan, lapor The Korea Herald.