Banyak negara longgarkan lockdown, WHO: Waspada tetap perlu

Jerman, Korea Selatan, dan China adalah sejumlah negara yang mengalami pertumbuhan kasus baru setelah melonggarkan pembatasan sosial.

Ilustrasi WHO / Pixabay

Pada Senin (11/5), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kewaspadaan tinggi sangat diperlukan bagi negara-negara yang perlahan mulai melonggarkan lockdown atau karantina wilayah yang diterapkan untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Menurut WHO, kewaspadaan dibutuhkan untuk mencegah adanya gelombang kedua infeksi coronavirus jenis baru di negara masing-masing.

"Sekarang kita melihat adanya pertanda baik dengan banyaknya negara melonggarkan lockdown," jelas kepala program kedaruratan WHO Mike Ryan dalam pengarahan media secara virtual. "Namun, kewaspadaan tinggi tetap diperlukan."

Negara-negara di seluruh dunia dihadapkan pada keputusan sulit terkait upaya membuka kembali ekonomi mereka, sementara di lain sisi, Covid-19 masih mengancam.

Jerman sebelumnya melaporkan percepatan transmisi Covid-19 setelah pemerintah setempat mengambil langkah awal untuk melonggarkan pembatasan sosial yang diberlakukan di bawah lockdown.