Menlu Rusia: Barat harus menghilangkan hambatan ekspor biji-bijian Rusia

Rusia menilai, Barat telah secara efektif memblokir perjanjian PBB-Turki tentang ekspor pertanian Rusia.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, kanan, dan mitranya dari Rusia Sergey Lavrov berbicara kepada media setelah pembicaraan mereka, di Ankara, Turki, Jumat, 7 April 2023. Foto AP/Burhan Ozbilici

Rusia dapat menarik diri dari kesepakatan masa perang yang memungkinkan ekspor biji-bijian Ukraina ke pasar global, jika Barat gagal menghilangkan hambatan untuk ekspor pertanian Rusia, kata diplomat tinggi Moskow pada Jumat (7/4).

Kesepakatan itu, ditengahi oleh PBB dan Turki pada Juli. Sekaligus membuka blokir pengiriman yang tertahan di pelabuhan Ukraina yang diblokade, mengurangi kenaikan harga pangan, dan ancaman kelaparan di beberapa negara.

Perjanjian itu bertujuan untuk memfasilitasi ekspor pupuk dan biji-bijian Rusia. Moskow telah berulang kali mengeluh bahwa kesepakatan itu tidak berlaku untuk ekspor pertanian Rusia, yang kesulitan menjangkau pasar dunia karena sanksi Barat.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Turki, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan kepada wartawan, bahwa Rusia bulan lalu setuju untuk memperpanjang kesepakatan selama 60 hari-bukan 120 hari yang ditetapkan di bawah perpanjangan sebelumnya-untuk mengirim sinyal peringatan ke Barat. .

“Setelah kami memperpanjang kesepakatan selama 120 hari, kami tidak melihat indikasi bahwa masalah tersebut dapat diselesaikan dan kami lelah untuk menarik hati nurani mereka,” kata Lavrov tentang ketidakpuasan Moskow. "Kami membuat langkah eskalasi kecil dan menawarkan untuk memperpanjang kesepakatan hanya selama 60 hari dengan asumsi bahwa jika tidak ada perubahan dalam menghilangkan hambatan ekspor pupuk dan biji-bijian Rusia, kami akan berpikir apakah kesepakatan itu diperlukan."