Biden umumkan stimulus US$1,9 triliun untuk atasi Covid-19

Sekitar US$400 miliar akan langsung digunakan untuk memerangi pandemik, sementara sisanya difokuskan pada bantuan ekonomi.

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden. Facebook/Joe Biden

Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, mengumumkan paket bantuan Covid-19 senilai US$1,9 triliun pada Kamis (14/1), untuk mengakhiri krisis penderitaan yang mendalam, dengan mempercepat vaksin dan menyediakan bantuan keuangan kepada mereka yang berjuang akibat dampak ekonomi dari pandemik yang berkepanjangan.

Disebut sebagai "America Rescue Plan", proposal legislatif tersebut akan memenuhi tujuan Biden untuk memberikan 100 juta vaksin Covid-19 pada hari ke-100 pemerintahannya.

Selain itu, rencana Biden juga akan merealisasikan keinginannya untuk membuka kembali sebagian besar sekolah pada musim semi. Di sisi lain, rencana itu juga memberikan paket bantuan lain untuk menstabilkan ekonomi sementara upaya kesehatan masyarakat berusaha memerangi pandemik.

"Kami tidak hanya memiliki kewajiban ekonomi untuk bertindak sekarang, saya yakin kami memiliki kewajiban moral juga," kata Biden dalam pidato yang ditujukan bagi seluruh negeri.

Pada saat yang sama, dia mengakui bahwa rencananya tidak murah.