China bantah pernyataan Trump soal fentanil

Trump menyalahkan China atas sebagian besar pasokan fentanil ke Amerika Serikat. 

Ilustrasi / Pixabay

Seorang pejabat China membantah pernyataan Donald Trump yang menyalahkan Tiongkok atas sebagian besar pasokan fentanil ke Amerika Serikat. 

Liu Yuejin, Wakil Kepala Komisi Kontrol Narkotika Nasional China, mengatakan pada Selasa (3/9) bahwa sejumlah penyelidikan menunjukkan fentanil yang diperdagangkan ke AS telah berkurang.

"Belum ada satu bukti pun sejak 1 Mei. Sementara itu, kematian terkait fentanil di AS memiliki risiko lebih lanjut," kata Liu. "Dua poin ini jelas menunjukkan bahwa twit Presiden Trump tentang fentanil di AS yang sebagian besar berasal dari China sama sekali tidak benar."

Trump telah lama menekan pemerintah China untuk mengambil tindakan soal isu impor fentanil ke AS. Fentanil dan turunannya disebut sebagai pemicu 30.000 dari 72.000 kasus kematian overdosis di AS pada 2017. Demikian menurut data National Institute on Drug Abuse.

Pada April, pemerintah China mengumumkan akan memasukkan seluruh golongan zat terkait fentanil ke dalam daftar obat-obatan yang dikontrol per 1 Mei, sebuah kemenangan bagi Trump dan pemerintahannya.