China catat kematian Covid-19 pertama sejak Mei 2020

Jumlah fatalitas resmi kini mencapai 4.635 kasus.

Warga berjalan melewati sketsa Presiden Xi Jinping memakai masker di tembok RS Leishenshan, Wuhan, China, Sabtu (11/4/2020). Foto Antara/REUTERS/Aly Song

China melaporkan kematian pertamanya akibat Covid-19 dalam delapan bulan terakhir pada Kamis (14/1). Perkembangan terbaru terjadi di saat "Negeri Tirai Bambu" berjuang mengendalikan gelombang baru pandemi dan bersiap menyambut kedatangan tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lebih dari 20 juta orang diisolasi di bagian utara China dan satu provinsi menyatakan keadaan darurat karena jumlah kasus harian Covid-19 meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

China sebagian besar dinilai berhasil mengendalikan pandemi melalui serangkaian tindakan karantina wilayah (lockdown) yang ketat dan pengujian massal. Namun, 138 kasus infeksi dilaporkan oleh Komisi Kesehatan Nasional (NHC) pada Kamis, penghitungan harian tertinggi sejak Maret 2020.

Tidak ada perincian yang diberikan oleh otoritas kesehatan tentang kematian terbaru.

Pekan lalu, pihak berwenang meluncurkan uji coba massal dan menutup jaringan transportasi, sekolah, dan toko di ibu kota Hebei, Shijiazhuang, wilayah yang dinilai menjadi episentrum terbaru.