China kirim 71 pesawat tempur dan 7 kapal menuju Taiwan dalam 24 jam

Provokasi militer China terhadap Taiwan, yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Ilustrasi. iStock

Militer China mengirim 71 pesawat dan tujuh kapal ke Taiwan dalam tampilan kekuatan selama 24 jam terakhir, kata Kementerian Pertahanan Taiwan, Senin (26/12). Hal itu setelah China menyatakan kemarahannya atas ketentuan terkait Taiwan dalam anggaran belanja pertahanan tahunan AS.

Provokasi militer China terhadap Taiwan, yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan Tentara Pembebasan Rakyat Partai Komunis (The People's Liberation Army/PLA)  telah mengirim pesawat atau kapal ke pulau itu hampir setiap hari.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menyebutkan, antara Minggu (25/12) pukul 06.00 dan Senin pukul 06.00, 47 pesawat China melintasi median Selat Taiwan, batas tidak resmi yang pernah diterima secara diam-diam oleh kedua belah pihak.

Jenis pesawat yang dikirim China ke Taiwan adalah 18 jet tempur J-16, 11 pesawat tempur J-1, enam pesawat tempur Su-30 dan drone.

Taiwan mengatakan, terus memantau gerakan China melalui sistem misil berbasis daratnya, serta di kapal angkatan lautnya sendiri.