China konfirmasi penahanan seorang warga Australia

China menuduh warga negara Australia, Yang Hengju, terlibat dalam tindakan kriminal yang membahayakan keamanan nasionalnya.

Ilustrasi / Pixabay

Otoritas China menahan seorang penulis Australia, yang dulunya warga negara Tiongkok, dengan tuduhan membahayakan keamanan negara. Pengacara yang bersangkutan mengatakan, kliennya dicurigai melakukan spionase.

Para pejabat Australia menerangkan bahwa Yang Hengjun ditahan tidak lama setelah dia terbang ke Guangzhou dari New York pekan lalu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menuturkan bahwa Australia telah diberitahu secara resmi penahanan Yang Hengjun.

"Warga negara Australia Yang Jun, yang dicurigai terlibat dalam tindakan kriminal yang membahayakan keamanan nasional China, baru-baru ini ditempatkan di bawah langkah-langkah koersif dan tengah diselidiki oleh Biro Keamanan Negara kota Beijing," ungkap Hua.

Lebih lanjut Hua menegaskan bahwa hak dan kepentingan Yang Jun dilindungi sesuai hukum. Nama Yang Jun merujuk pada Yang Hengjun dan tidak dijelaskan mengapa otoritas China menggunakannya.