China luncurkan modul laboratorium ke stasiun luar angkasa miliknya

Program luar angkasa China dimulai dengan meluncurkan astronot pertamanya ke orbit pada 2003.

Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua, roket pembawa Long March 5B Y3, yang membawa modul lab Wentian, meluncur dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Wenchang di Provinsi Hainan, Tiongkok selatan, Minggu, 24 Juli 2022. Li Gang/Xinhua via AP

China pada Minggu (24/7) waktu setempat, meluncurkan salah satu dari dua modul laboratorium untuk menyelesaikan stasiun ruang angkasa yang mengorbit permanen.

Menurut kantor berita Xinhua, Wentian diluncurkan dari pulau tropis Hainan dengan kerumunan besar fotografer amatir dan penggemar luar angkasa yang menonton. Dirancang untuk eksperimen sains dan biologi, modul tersebut diluncurkan dengan roket jarak jauh 3 Long March 5B, dan menghabiskan sekitar delapan menit dalam penerbangan sebelum memasuki orbit.

Sedangkan modul lab kedua, yang disebut Mengtian, akan diluncurkan pada Oktober, dan keduanya akan bergabung dengan stasiun luar angkasa Tiangong. Tiga astronot sudah tinggal di modul inti dan akan mengawasi kedatangan dan docking lab.

Peluncuran tersebut merupakan yang ketiga sejak stasiun luar angkasa China memasuki fase konstruksi. Itu didahului oleh pesawat ruang angkasa kargo kelas Tianzhou dan pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-14.

Program luar angkasa China dijalankan oleh sayap militer Partai Komunis yang berkuasa, Tentara Pembebasan Rakyat, yang mendorong AS untuk mengeluarkannya dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Akibatnya, China sebagian besar harus bekerja sendiri dalam program stasiun luar angkasa Tiangong, membangun dan kemudian meninggalkan dua stasiun eksperimental sebelum memulai iterasi terbaru.