China menjaga batas harian 1 jam untuk anak-anak main game online

Selama bertahun-tahun, otoritas China telah berusaha mengontrol berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain game online.

Seorang wanita dan anak-anak memeriksa smartphone mereka di sebuah kafe di Beijing, Kamis, 19 Januari 2023. Foto AP/Andy Wong

Saat liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu di China, biasanya anak-anak memiliki hal lain untuk dinanti-nantikan, yaitu satu jam ekstra bermain game online setiap hari.

Hanya satu jam.

Selama bertahun-tahun, otoritas China telah berusaha untuk mengontrol berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain game online, untuk melawan “kecanduan internet.” Mereka mengklaim berhasil mengatasi masalah tetapi tidak mengambil risiko.

Pada 2019, pihak berwenang membatasi anak di bawah umur untuk bermain 90 menit sehari pada hari kerja dan melarang mereka bermain antara jam 10 malam dan 8 pagi. Kemudian pada 2021, mereka mengeluarkan batasan yang lebih keras, yaitu anak di bawah umur hanya diperbolehkan bermain game online selama satu jam sehari dan hanya pada Jumat, akhir pekan, dan hari libur nasional. 

Liburan Tahun Baru Imlek 21-27 Januari,  merupakan festival terbesar di China dan akan memberi mereka empat hari ekstra untuk bermain game online.