China menolak laporan intelijen AS tentang asal-usul Covid: Politis dan salah!

Teori kebocoran laboratorium mengatakan virus itu menyebar dari fasilitas penelitian di Wuhan.

Teori kebocoran laboratorium mengatakan virus itu menyebar dari fasilitas penelitian di Wuhan. foto dok Globaltimes

Beijing mengecam tinjauan intelijen AS tentang asal-usul pandemi Covid-19. Negeri Tirai Bambu itu menyebutnya “politis dan salah” sambil mendesak Washington untuk berhenti menyerang China.

Tanggapan kementerian luar negeri China datang pada hari Minggu, beberapa hari setelah Kantor Direktur Intelijen Nasional AS merilis versi lengkap dari temuannya dari tinjauan 90 hari yang diperintahkan oleh presiden Joe Biden.

Surat kabar itu mengatakan bahwa, tanpa informasi baru, badan-badan intelijen tidak akan dapat memberikan penilaian yang lebih baik tentang apakah virus itu muncul melalui penularan dari hewan ke manusia atau kebocoran laboratorium.

Ia menambahkan bahwa kerja sama China mungkin diperlukan untuk mencapai penilaian konklusif tentang asal-usul, meskipun menekankan bahwa Beijing terus "menghambat penyelidikan global".

Teori kebocoran laboratorium mengatakan virus itu menyebar dari fasilitas penelitian di Wuhan, kota tempat penularan pertama kali dilaporkan. Teori itu tetap tidak berdasar, dan China telah berulang kali menolaknya.