Covid-19 "menggila", Tokyo tingkatkan level waspada tertinggi

Lebih dari 2.000 kasus tercatat di Jepang, Rabu (18/11). Nyaris 500 di antaranya terdeteksi di ibu kota.

Warga beraktivitas dengan memakai masker di tengah pandemi Covid-19 di sebuah pasar lokal di Tokyo, Jepang, Rabu (13/5/2020). Foto Antara/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Ibu kota Jepang, Tokyo, menetapkan tingkat peringatan Covid-19 tertinggi pada Kamis (19/11) waktu setempat setelah terjadinya lonjakan lebih dari 500 kasus dalam sehari terakhir.

Pada Rabu (18/11), Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, mengatakan, pemerintah metropolitan akan mengambil langkah-langkah untuk memerangi Covid-19.

Perdana Menteri, Yoshihide Suga, menuturkan, Jepang berada dalam tingkat "kewaspadaan maksimum" setelah mencatat rekor infeksi Covid-19 harian meskipun tidak ada pembatasan sosial yang segera diterapkan.

Namun, pemerintah tidak akan segera mengumumkan keadaan darurat kesehatan dan bakal terus memantau tingkat infeksi serta kapasitas rumah sakit untuk mengatasi situasi tersebut.

"Kami akan menanggapi dengan tepat berdasarkan kondisi yang ada sekarang," kata Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato, dalam jumpa pers reguler, Kamis waktu setempat.