Cuaca dingin ekstrem tewaskan 16 orang di AS

Cuaca dingin ekstrem sebabkan 11 negara bagian di Amerika Serikat menyentuh suhu yang lebih rendah daripada suhu di Alaska.

Ilustrasi / Pixabay

Musim dingin kali ini di Chicago, Amerika Serikat, membuat rumah sakit sibuk. Dokter menangani 50 korban radang dingin, termasuk beberapa pasien yang terancam kehilangan lengan atau kaki mereka. 

"Ini adalah situasi yang mengerikan," tutur Dr. Stathis Poulakidas, kepala layanan perawatan luka bakar dan cedera di Cook County Health.

Poulakidas bertugas di John H. Stroger Jr. Hospital, yang dapat menangani hingga 150 kasus radang dingin dalam tahun yang buruk. Menurutnya, kondisi sekarang ini adalah salah satu dari tahun buruk itu.

Setengah dari pasien yang datang selama beberapa hari terakhir adalah tunawisma, sementara sisanya merupakan pasien dengan pekerjaan yang mengharuskan mereka beraktivitas di luar.

Poulakidas mengatakan rumah sakit telah melihat cedera mengerikan pada kaki dan tangan pasien, beberapa sangat parah sehingga pasien terancam kehilangan anggota tubuh mereka.