Gunung Cumbre Vieja meletus, 700 warga La Palma Spanyol dievakuasi

Lava sudah menghancurkan 1.186 bangunan dalam tiga pekan sejak letusan pertama. Pun memaksa sekitar 6.700 orang mengungsi.

Lahar panas mengalir ke laut saat asap mengepul menyusul letusan gunung berapi di Pelabuhan Tazacorte, Pulau Canary La Palma, Spanyol, pada Selasa (28/9/2021). Foto Reuters/Nacho Doce

Lebih dari 700 penduduk La Laguna di Pulau La Palma, Spanyol, dievakuasi pada Selasa (12/10) waktu setempat, karena lahar panas Gunung Cumbre Vieja bergerak turun menuju rumah warga.

Rencana Darurat Vulkanik Kepulauan Canary (Pevolca) menyatakan, pihak berwenang memerintahkan sekitar 700-800 penduduk La Laguna meninggalkan kediaman masing-masing dengan membawa barang-barang dan hewan peliharaan mereka, menurut 

"Kami ingin mengambil dokumen dan hal-hal lain karena seluruh hidup kami ada di rumah itu dan kami tidak dapat mengamankan semua berkas berkas penting dalam waktu lima menit," kata seorang warga, Enrique (50), kepada Reuters.

Pihak berwenang memberi waktu kepada pemilik rumah sampai pukul 18.00 GMT untuk mengumpulkan barang-barangnya.

"Kami wajibkan mengevakuasi ke daerah lainnya. Lava bergerak perlahan. Orang-orang harus punya waktu untuk mengambil dokumen mereka, barang-barang pribadi mereka, dan apa pun yang berharga," jelas Direktur Teknis Pevolca, Miguel Angel Morcuende.