Debat capres: Trump salahkan Covid-19 atas kondisi ekonomi AS

Trump menyebut Covid-19 dengan wabah China.

Presiden AS, Donald Trump, saat reli dengan pendukungnya di Des Moines, Iowa, Amerika Serikat, Kamis (30/1/2020). Foto Antara/Reuters/Jonathan Ernst

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menggunakan debat perdana capres pada Selasa (29/9) untuk menyalahkan kesengsaraan ekonomi pada China dan pandemi coronavirus baru (Covid-19).

"Kami membangun ekonomi terbesar dalam sejarah, kami menutupnya karena wabah China," katanya, merujuk pada Covid-19 sebagai wabah China.

Bahasa tersebut sebelumnya dikecam kelompok hak asasi manusia (HAM) karena dianggap memicu rasialisme anti-Asia di "Negeri Paman Sam".

Meskipun tidak ada pertanyaan tentang China selama debat tersebut, kedua kandidat secara proaktif mengungkitnya ketika mereka saling menyerang tentang sejumlah isu, termasuk kebijakan ekonomi dan tanggapan pemerintah atas Covid-19.

Pada awal debat, Joe Biden mengatakan, Trump telah meremehkan tingkat keparahan Covid-19 dan memberikan pujian yang tidak pantas diberikan atas respons China terhadap pandemi di bawah pemerintahan Presiden Xi Jinping.